Halaman

Rabu, 18 Juli 2012

Kondisi dan Luas Wilayah DISBUDPARPORA Tulungagung

Dinas kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung letaknya sama dengan Kabupaten Tulungagung yaitu terletak pada posisi 111,43’ sampai dengan 112,07’ Bujur Timur dan 7,51 sampai dengan 8,18 Lintang Selatan. Di sebelah Utara Kabupaten Tulungagung berbatasan dengan Kabupaten Kediri, di sebelah Timur dengan Kabupaten Blitar, di sebelah Selatan dengan Samudera Indonesia, dan di sebelah Barat berbatasan dengan Kabupeten Trenggalek. Luas wilayahnya 1.055,65 km2, jumlah penduduknya 1.141.035 jiwa dengan kepadatan penduduk mencapai 941 jiwa/km2.
Ditinjau dari segi geografis, wilayah Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Tulungagung terdiri dari dataran tinggi dan dataran rendah. Secara garis besar dapat dibedakan menjadi wilayah bagian Utara (Barat Daya) yang merupakan daerah pegunungan yang subur dan mdrupakan bagian dari Pegunungan Wilis, dan bagian Selatan merupakan daerah pegunungan juga tetapi tandus dan sebagai bagian dari Pegunungan Kapur Selatan serta bagian tengah merupakan dataran rendah yang subur.
Berdasarkan potensi wilayah yang dimiliki tersebut maka sebagian besar masyarakat Kabupaten Tulungagung memiliki seni budaya yang sangat kental, obyek wisata beraneka ragam dan generasi muda serta sarana olahraga yang berpotensi untuk dikembangkan.
Sektor Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda, dan Olah Raga di Kabupaten Tulungagung merupakan salah satu penyumbang PDRB sebesar lebih 0,16%. Namun, di sisi lain ini menunjukkan bahwa masih terbuka luas kesempatan untuk mengembangkan sektor ini agar tenaga yang terserap tersebut memperoleh pendapatan yang terus meningkat sesuai tingginya keterlibatan mereka di sektor ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar